Tuesday, July 6, 2010

AMBRUKNYA TENDA Promotor IICF Akui Ada Kesalahan

PT Nant Adipariwara selaku promotor pertunjukan sirkus Indonesia international Circus Festival (IICF) 2010 mengakui adanya kesalahan konstruksi pada tenda yang digunakan dalam pertunjukan sirkus. Hal itulah yang kemudian menyebabkan dua kali insiden ambruknya tiang-tiang tenda.

Syamsul Bahri dari bagian advokasi PT Nant Adipariwara mengatakan ada kesalahan konstruksi bangunan tenda yang dibangun oleh PT Garlic Production. "Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada para penonton. Kejadian ini murni karena ada kesalahan dari konstruksi bangunan tenda. Persoalan ini hingga saat ini masih kami negoisasikan dengan pihak kontraktor," kata Samsul Bahri dalam jumpa pers di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Selasa ( 6/7/2010 ) malam.

Menurut Syamsul, kesalahan tersebut kesalahan konstruksi tersebut terdapat pada bagian kerangka yang kurang memadai. Hal ini makin diperparah dengan kondisi cuaca hujan deras yang terus menerus mengguyur tenda. "Secara kasat mata, memang ada kerangka menurut saya kurang, dan ini adalah kecerobohan pihak kontraktor," tegasnya.

Namun demikian, Syamsul belum bisa memastikan apakah PT Nan Adipariwara selaku promotor akan menuntut pertanggungjawaban pihak kontraktor PT Garlic terkait kejadian tersebut. "Kami tidak ingin berpolemik terlalu jauh. Sampai saat ini kami masih negoisasi dan terus membicarakan dengan pihak kontraktor," katanya.

Lebih lanjut, Syamsul menuturkan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya penyelidikan atas kesalahan konstruksi tersebut kepada pihak kepolisian. Ia mengatakan, tidak ada unsur kesengajaan dari pihak promotor ataupun kontraktor atas insiden tersebut. Apapun hasil penyelidikan Polri, pihaknya siap menaati.

Sementara mengenai kerugian materi Syamsul mengatakan belum bisa memastikan jumlah pastinya. Namun, dikatakannya, diperkirakan cukup besar karena berbagai pihak yang turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan festival sirkus itu cukup banyak.

No comments: