Tuesday, July 6, 2010

Penjualan Chip Komputer Seluruh Dunia Naik Tajam

Penjualan semikonduktor di seluruh dunia meningkat 47,6 persen pada Mei dari setahun lalu dan 4,5 persen lebih tinggi dari bulan sebelumnya, Asosiasi Industri Semikonduktor (SIA) mengatakan Selasa.

SIA mengatakan penjualan global chip komputer mencapai 24,7 miliar dolar pada Mei dibandingkan dengan 16,7 miliar dolar pada Mei 2009 dan 23,6 miliar dolar pada April.

"Penjualan global semikonduktor Mei mencapai titik tertinggi baru dan tetap pada langkah untuk mencapai perkiraan pertumbuhan SIA dari 28,4 persen menjadi 290,5 miliar dolar pada 2010," kata Presiden SIA George Scalise dalam sebuah pernyataan.

"Penjualan chip telah didukung oleh kekuatan dalam penjualan komputer pribadi, telepon seluler, perusahaan teknologi informasi, industri aplikasi, dan otomotif," ujar Scalise.

"Pasar berkembang, termasuk China dan India, yang memicu penjualan produk komputer dan komunikasi," katanya.

"Permintaan dari perusahaan teknologi informasi dan sektor industri mendorong keluar siklus penggantian selama resesi ekonomi global mulai kembali," tambahnya.

Scalise mencatat bahwa tingkat pertumbuhan kuat pada tahun-ke-tahun "menggarisbawahi kondisi pasar semester pertama tahun 2009 sangat tertekan".

"Ke depan, pada perbandingan pertumbuhan tahun-ke-tahun akan mencerminkankan pemulihan industri yang memperoleh momentum pada paruh kedua tahun lalu," kata dia.

Penjualan semikonduktor di Amerika naik 52,9 persen pada Mei dari setahun lalu dan 8,2 persen lebih tinggi dari pada April. Penjualan chip di wilayah Asia-Pasifik pada Mei naik 50,9 persen dibanding tahun lalu dan 5,0 persen lebih tinggi daripada April. (*)

No comments: