Friday, July 8, 2011

Annual Games XIX Resmi Dimulai

Batam - Annual Games XIX, multi iven tahunan Kawasan Industri Batamindo, resmi dimulai, Jumat (8/8). Pembukaan resmi dilakukan oleh Wakil Walikota Batam, Rudi SE, MM, ditandai dengan pelepasan balon. Hadir pada kesempatan itu, Tokoh Olahraga Batam Edi Sihite, Ketua Panitia Annual Games, Andi Mapisangka dan manajemen PT. Batamindo Investment Cakrawala (BIC).

Wakil Walikota Batam, Rudi SE, MM dalam sambutannya mengatakan bangga hadir di Annual Games ini pertamakalinya. dan beliau melihat kepedulian Batamindo terhadap olahraga melebihi Pemko Batam sendiri.

"BIC lebih hebat dari Pemko, karena BIC telah mampu menggelar perhelatan olahraga hingga ke-19 kalinya secraa rutin dan kontiniu. Berarti BIC punya anggaran yang besar untuk ini. Semoga saja nanti dapat berjalan lancardan sukses," sambutnya.

Dengan mengadakan multi iven ini, BIC secara tidak langsung telah membantu karyawan untuk menyehatkan diri. Jadi kuantitas orang yang sehat bisa dioptimalkan. Orang yang ke rumah sakit akan berkurang, karena para karyawan rutin berolahraga dan pastinya sehat.

Selanjutnya Rudi mengakui bahwa Pemko belum maksimal berbuat untuk olahraga di Batam. Contohnya, kolam renang belum ada dibangun Pemko meskipun pernah dirancang. Pada saat itu biayanya masih Rp25 miliar, dan sekrangnya tentu sudah meningkat bisa mencapai Rp50 miliar lebih.

Pemko berusaha untuk meminta anggaran pembangunan kolam renang ini melalui APBN, namun tidak terealisasi. Saat ini Pemko tengah berusaha untuk menjemput APBD agar Batam punya fasilitas kolam renang. Apabila gagal lagi, maka pembangunan akan diupayakan melalui kerjasama dengan pihak swasta termasuk BIC sendiri. Mudah-mudahan hal itu dapat diwujudkan sebelum habis masa jabatan Walikota sekarang ini.

"Memang anggaran pemerintah ada, tapi sulit untuk diturunkan. Oleh karena itu Pemko juga meminta bantuan BIC yang punya link ke pusat ataupun pihak swasta lainnya untuk membantu. Apabila ini terwujud, maka Batam bisa membesarkan olahraga," ujarnya.


Sementara itu, Andi Mapisangka menyebutkan pada Annual Games kali ini diikuti oleh 3.809 atlet yang murni berasal dari 48 perusahaan ikut berpartisipasi. Cabang olahraga (cabor) yang diperlombakan berjumlah 11 cabor. Diantaranya adalah sepakbola, tenis, bolavoli, bolabasket, sepaktakraw, catur, tenis meja, senam aerobic, karate, silat, dan kempo.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa acara ini akan digelar selama tiga bulan. Jadi sekitar akhir Juli, Annual Games telah berakhir. Annual Games sendiri akan dimulai kira-kira dua minggu ke depan tergantung kepada masing-masing panitia cabang olahraga. Technical meeting akan dilakukan mulai dari Jumat depan.

Senior Manager BIC, Brahim Abdullah menekankan pentingnya olahraga bagi karyawan di lingkungan Batamindo. Oleh karena itu tema untuk tahun ini adalah "Dengan Annual Games XIX kita tingkatkan kekompakan dan sportifitas".

"Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Oleh karena itu PT. BIC peduli dengan olahraga. Tubuh dan jiwa yang sehat akan menciptakan produktifitas pekerja, dan ini yang akan menjadi aset bagi perusahaan," ungkapnya.

Disini telah ada unit-unit olahraga. Akan tetapi unit-unit tersebut tidak akan hidup bila dikelola setengah-setengah. Oleh karena itu, selain mengadakan kegiatan olahraga, pihaknya juga melakukan pelatihan pada wasit dan atlet. Diharapkan juga bagi tim perusahaan yang kalah, tetap bersifat sportif dan yang menang tetap dapat mempertahankan prestasi.

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa untuk meraih prestasi, tidak dapat dilakukan secara instan. Apalagi di Annual Games ini tidak boleh atlet dari luar kawasan Batamindo. Semua harus karyawan di kawasan Batamindo.

Saat ini katanya, dengan perkembangan, olahraga bukan hanya sebatas mengeluarkan keringat, tapi bisa juga menjadi sebuah industri, contohnya olahraga sepakbola yang menghidupkan bisnis televisi. Jadi jangan anggap acara ini sekedar acara main-main. Karena apapun bisa jadi potensi.

Pihak PT. BIC tetap berkomitmen untuk menyelenggarakan Annual Games yang telah memasuki usia ke-19 ini. Meski krisis, tidak ada alasan untuk tidak menggelar Annual Games.

Pembukaan kemarin, dilanjutkan berbagai hiburan, kemudian dilangsungkan pertandingan perdana sepakbola antara PS Batamindo All Star berhadapan dengan PS. IPSM, yang saat berita diturunkan masih berlangsung. (cw44)

No comments: