Friday, July 8, 2011

Volleyball Open Tournament Haluan Kepri 2011

Melangkah Maju dengan Event Bertaraf Internasional

BATAM - Media nasional Haluan Kepri akan menggelar turnamen bolavoli terbuka dengan tajuk 'Haluan Kepri-Batam International 2011'. event akbar ini rencananya dilaksanakan pada tanggal 26 Mei-4 Juni 2011 mendatang di Sport Hall Tumenggung Abdul Jamal, Muka Kuning.

Jika tahun sebelumnya yang berlaga kebanyakan pemain lokal Kepri dan pulau Jawa, maka di gelaran yang kelima ini, turnamen event akbar berhadiah ratusan juta rupiah akan diramaikan pemain-pemain dari luar negeri.

Ketua Panita Amri mengatakan, turnamen ini merupakan kelanjutan dari Sijori Mandiri Cup yang telah digelar rutin setiap tahunnya di Batam sejak tahun 2007 silam. Karena telah menjadi event bolavoli terbesar di Kepulauan Riau, maka tahun ini akan dibuat lebih heboh lagi.

Seiring berganti nama dari Sijori Mandiri menjadi Haluan Kepri, maka turnamen ini menjadi momentum untuk melangkah lebih maju dengan mengadakan turnamen Bola Volly yang bertaraf Internasional. Total hadiah yang diperebutkan dalam helatan ini mencapai Rp100 juta.

"Event ini terus ditingkatkan, kedekatan Batam dengan negara luar harus kita manfaatkan untuk membuat turnamen ini lebih baik dalam hal kualitas penyelenggaraan maupun kuantitas peserta," kata Amri, kemarin.

Turnamen terbuka Internasional kali ini mengundang tim-tim terbaik putra-putri wakil dari negara tetangga Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand. Tak hanya itu, Haluan Kepri juga mengundang tim-tim terbaik dari provinsi tetangga diantaranya Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Jambi.

Dari Provinsi Kepri sendiri juga akan diundang diantaranya Setkab Karimun, Pemkab Lingga, PLN Batam, Polda Kepri, Putera Kelana Jaya, McDermott, dan BP Kawasan Batam. Namun tidak tertutup kemungkinan bagi tim lain yang juga siap untuk bertanding dan ambil bagian dalam event internasional ini. Panitia memberikan waktu pendaftaran sampai pada tanggal 15 Mei 2011. Pendaftaran bisa dilakukan langsung di Kantor Pusat Haluan Kepri di Jl. Yos Sudarso no 9 Bengkong Garama, Batuampar, Batam.

Volley Ball Open Tournament ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Haluan Kepri ke-10. Pada tanggal 9 April 2011 lalu, genap koran yang sekarang bermotto 'mencerdaskan kehidupan masyarakat' ini berusia 1 dasawarsa. Dan selama itupula, media cetak yang terluas penyebarannya di Kepri ini berperan aktif menyuarakan aspirasi masyarakat Kepulauan Riau termasuk dalam bidang olahraga.

Selain untuk memperingati HUT Haluan Kepri ke-10, Turnamen ini juga diadakan sebagai bentuk kesadaran dan kepedulian Haluan Kepri terhadap perkembangan dan kemajuan olahraga Kepri khususnya dan nasional pada umumnya.

"Haluan Kepri memandang cabang olahraga bolavoli adalah olahraga prestasi yang diminati masyarakat luas baik tua maupun muda, remaja dan anak-anak baik laki-laki maupun perempuan dari segala lapisan masyarakat bawah hingga kalangan atas," kata Amri.

Dengan penyelenggaraan turnamen terbuka internasional ini tentu akan merangsang munculnya klub-klub bolavoli di Kepulauan Riau. "Adanya sebuah iven akan menjadi tolak ukur bagi pembinaan olahraga di Kepri. Secara tidak langsung tentu bibit-bibit pemain yang berpotensi akan didapat, dan diharapkan bisa memperkuat Kepri ke berbagai tingkatan iven baik single maupun multi iven," katanya.

Tak juga dipungkiri bahwa dengan kegiatan ini, Haluan Kepri telah membantu PBVSI dalam hal pembinaan. Oleh sebab itu, dalam turnamen ini PBVSI mendukung dalam teknis pertandingan dan perwasitan. "Mudah-mudahan semakin kompetitif dan hidup olahraga di Kepri."

Dalam penyelenggaraan, Haluan Kepri bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Batam. Turnamen ini juga didukung oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kepri, Pemprov Kepri, Pemko dan Pemkab se-Kepri serta mitra dan para sponsor.

Dengan dukungan KONI dan PBVSI, baik di tingkat Provinsi Kepri, kota dan kabupaten, Panitia berharap turnamen ini berjalan lancar dan sukses sampai dengan final sekaligus penutupan acara pada tanggal 4 Juni nanti. (cw44)

No comments: