Friday, July 8, 2011

Asia Pasific Beach Volleyball Tournament 2011 Indonesia Turunkan 6 Tim

NONGSA- Indonesia menurunkan enam tim (3 tim putra dan 3 tim putri) dalam Turnamen bolavoli pantai terbuka Asia Pasifik yang rencananya dimulai hari ini (Rabu, red) di Kawasan Turi Beach Resort, Batam. Satu diantaranya adalah juara bertahan, Andy dan Fahriansyah. Pasangan ini pada tahun 2010 menempati ranking kedua Asia. Sementara dua tim lainnya adalah Dian/I Putu dan Wayan Muhammad.

Ancaman yang berarti bagi tim Putra Indonesia berasal dari tim Putra Kazakhstan Dyachenko dan Shidorenko. Mereka merupakan juara pertama pada Tour AVC kedua di Iran. Pada tahun 2010 mereka juga menempati ranking 4 Asia.

Sedangkan bagi tim putri, Indonesia menurunkan pasangan Ayu/Yokhbeth, Fitri/Dita, dan Astri/Efa. Memang tim putri Indonesia belum bisa berbicara banyak pada berbagai event bolavoli pantai. Ayu dan Yokbeth hanya mampu berada di peringkat 9 Asia 2010. Lawan berat yang akan dihadapi adalah Tim Kazkhstan dan Thailand.

Di tahun ini, 13 negara ikut meramaikan event yang digelar guna mendukung pariwisata. Diantaranya, Kazakhstan, Selandia Baru, Singapura, Cina, Iran, Australia, India, Hongkong, Thailand, Malaysia, Oman, Filipina serta tuan rumah Indonesia. Sebenarnya Jepang juga akan ikut bertanding, Namun Jepang mengundurkan diri karena bencana alam Tsunami dinegaranya.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Guntur Sakti mengungkapkan, event ini merupakan bagian dari serangkaian program Visit Batam yang akan dilanjutkan sampai tahun 2015 nanti.

"Kita akan mendukung semua kegiatan yang bersifat marketable. Tentunya kegiatan-kegiatan seperti ini akan mendatangkan wisatawan lokal dan internasional, dan ini akan menambah pendapatan daerah," ujar Guntur dalam konferensi pers di Turi Beach, Rabu (20/4).

"Kami sangat berharap, banyak penonton yang datang. Karena event ini gratis dan sengaja disuguhkan untuk menghibur masyarakat," promo Guntur.

Event ini merupakan rangkaian dari AVC Beach Tour 2011 dimana Indonesia adalah tempat yang ketiga untuk bertanding.

Selain untuk melanjutkan rangkaian Tur Asia Pasific, Event ini juga bertujuan untuk memperkenalkan Batam ke dunia internasional. Hal ini lebih memberikan gambaran yang jelas kepada turis bahwa Batam adalah kawasan maritim yang potensial sebagai destinasi pariwisata. Event ini juga akan dijadikan kalender tahunan di Batam dan diharapkan menjadi ajang ujicoba bagi atlet nasional Indonesia.

Sementara koordinator sekretaris kepanitiaan, Edi Sihite mengatakan, event ini merupakan penghargaan bagi kota Batam dan provinsi Kepulauan Riau. Asian Volleyball Confederation (AVC) telah memberikan kepercayaan pada kota Batam untuk menyelenggarakan event ini untuk kedua kalinya.

"Untuk itu kita harus melaksanakan kegiatan ini semaksimal mungkin dan kita butuh dukungan sepenuhnya dari semua pihak untuk suksesnya kegiatan ini" ujar Edi.(cw44)

No comments: