Friday, July 8, 2011

* Final Turnamen Bolavoli Pantai Asia Pasifik Batam Terbuka

Tim Putra Indonesia Gagal Pertahankan Gelar Juara

NONGSA -- Tim Kazhakstan mendominasi perolehan juara di Turnamen Bolavoli Pantai Asia Pasifik Batam Terbuka di Turi Beach Resort, Sabtu (23/4). Pada partai final yang berlangsung kemarin, dua tim putra Kazhakstan Dyachenko/Sidorenko dan Yakolev dan Kuleshov berbagi gelar. Sedangkan tim putra Indonesia harus 'gigit jari' karena gagal mempertahankan gelar juara.

Pantauan Haluan Kepri, pasangan tim putra Dyachenko/Sidorenko berhasil mengalahkan Yakolev dan Kuleshov dua set langsung 21-15 dan 21-19. Pertandingan rekan senegara ini berlangsung cukup ketat pada awal pertandingan. Perolehan skor sempat imbang 6-6. Namun Dyachenko/Sidorenko mampu membaca permainan lawan. Kejar-mengejar skor tidak begitu berarti sampai akhirnya Dyachenko/Sidorenko menang di set pertama dengan skor 21-15.

Pada set kedua, Yakolev dan Kuleshov meningkatkan performa permainan. Jarak antara kedua tim terus berlangsung tipis. Penontonpun terkesima melihat dua pasangan senegara ini saling kejar-mengejar poin. Perolehan skor terus saja ganti berganti sampai akhirnya Gamepoint pada skor 20-19. Yakolev dan Kuleshov tentu tak mau pertandingan berakhir dengan dua set langsung. Namun tampaknya dewi fortuna belum berpihak padanya. Dyachenko/Sidorenko berhasil menutup pertandingan dengan skor 21-19.

Sedangkan untuk final tim putri, Tim putri Thailand Tanarattha/Yupa berhasil mempermalukan tim putri Kazhakstan Mashkova/Tsimbalova juga dengan dua set langsung 21-15 dan 21-16. Pada set pertama, tim Thailand langsung memperagakan kualitas permainannya dengan terus unggul sampai skor 8-6. Menanggapai hal ini, tim Kazakhstan langsung mengimbangi irama permainan dengan menyamakan skor 8-8. Iring-iringan perolehan poin terus terjadi sampai skor 11-10. Setelah itu tim Thailand terus mencuri poin untuk meninggalkan Kazakstan sampai pada poin 18-14. Lemahnya koordinasi pasangan Mashkova/Tsimbalova terus dimanfaatkan Tanarattha/Yupa sampai akhirnya menutup set pertama dengan skor 21-14.

Pada set kedua final putri, dari awal Thailand terus unggul sampai pada skor 12-8. Permainan Kazakstan tak bisa berkembang dihadapan Tanarattha/Yupa. Pasangan Thailand ini sering bermain mengecoh sehingga Mashkova/Tsimbalova sering salah pengertian. Trend positif ini terus dilanjutkan tanpa bisa dikejar lagi. Akhirnya Tanarattha/Yupa berhasil mengalahkan Mashkova/Tsimbalova sampai akhir set kedua dengan skor 21-16.

Sementara itu, perebutan posisi ketiga juga dilakukan pada hari itu juga. Tempat ketiga putra berhasil diraih oleh pasangan Selandia Baru Sam O'dea/Ben O'dea setelah mengalahkan rekan senegaranya Edwin O'dea/Heath. Kemanagan diraih setelah melakukan pertandingan tiga set dengan skor 21-13, 14-21, dan 15-12. Sedangkan posisi tiga tim putri diraih oleh pasangan China Ma/ding setelah mengalahkan tim putri Malaysia dengan dua set langsung 21-19 dan 21-19.

Jadi terlihat disini bahwa Turnamen Bolavoli Pantai Asia Pasifik Batam Terbuka melahirkan juara baru. Tim putra Indonesia yang merupakan juara bertahan tahun lalu gagal berjuang di turnamen ini. Sedangkan untuk tim putri, Juara bertahan tahun lalu dari Kazhakstan juga gagal mempertahankan gelar juaranya setelah dikalahkan tim putri Thailand. Namun patut diakui juga bahwa Kazhakstan telah menjadi tim yang paling mendominasi di turnamen ini dengan perolehan juara I dan II untuk putra dan juara II untuk putri.

Ketua Panitia I, Joko Pranomo menyampaikan tekadnya untuk menggelar lagi turnamen Bolavoli Pantai ini. Animo masyarakat dan peserta sangat tinggi. Pertandinganpun saat ini lebih kompetitif.

"Untuk tahun depan, Kita akan gelar lagi. Kalau atahun ini yang ikut sebanyak 13 negara, tahun depan pesertanya akan ditambah lagi menjadi 18 negara. Dan jangan lupa juga untuk mendukung Indonesia berlaga di Pra-Olimpiade", katanya disela-sela penutupan Turnamen.

Pada hari ini juga akan diadakan juga Pra-Olimpiade Inggris 2012 untuk wilayah Asia Tenggara dimana lima negara Asean akan bertanding yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand.(cw44)

No comments: