Friday, July 8, 2011

'Bagurau Samalam Suntuak' IKLA Batam

Mengingatkan Pada Kampung Halaman

Batam - 'Mengingatkan pada kampung halaman.' Itulah suasana yang terasa pada acara 'Bagurau Samalam Suntuak' yang digelar Ikatan Keluarga Luhak Agam (IKLA) Kota Batam, akhir pekan lalu di Komplek Suri Graha, Jl Sriwijaya, no 10, depan Hotel Minang Jaya, Pelita Batam. Acara yang dimulai pada pukul 21.00 WIB tersebut dihadiri oleh para perantau dari Luhak Agam yang ada di Batam khususnya dan dari Sumatera Barat umumnya.

Acara yang menghadirkan Saluang itu benar-benar mengobati rindu warga IKLA terhadap kampung halaman. Acara Alunan alat musik tradisional dari Sumatera Barat itu serasa membawa para perantau yang ada di Batam khususnya dan Kepri umumnya seprti derada di desa asalnya.

Basaluang artinya memainkan saluang yang merupakan alat musik tiup yang terbuat dari bambu tipis atau talang. Alat ini termasuk dari golongan alat musik suling, tapi lebih sederhana pembuatannya, cukup dengan melubangi talang dengan empat lubang. Panjang saluang kira-kira 40-60 cm, dengan diameter 3-4 cm.

Untuk menghasilkan aliran suara yang tak terputus, pemain saluang menggunakan teknik nafas circular breathing supaya suara tidak berhenti sewaktu pemain menarik nafas. Saluang memang dikenal dengan bunyi serta penyanyinya yang mendayu-dayu berdendang sehingga para perantau yang mendengarkan hatinya serasa luluh. Pikiran akan langsung terarah kepada kampung halaman dan perasaan menjadi sedih mengingat kampung.

Namun dalam penyelenggaraannya, ada juga request untuk menyindir teman lain, lalu si penyanyi yang mirip 'sinden' kalau di jawa dengan karangan sendiri, menyanyikan lagu tersebut dengan tema yang sudah direquest, dan itulah yang menjadikan saluang ini menjadi seru.

Deni, salah seorang panitia mengatakan, acara Bagurau Samalam Suntuak itu diisi oleh Syamsul Bahri dan Dewi Oktavia. Keduanya telah memiliki jam terbang yang cukup bagus.

"Bagi yang rindu kampung halaman inilah tempatnya. Iko acara awak-awak se. Acaranya sangat semarak. Kita bisa lihat bahwa ada sekitar 600 orang hadir pada acara ini," ungkapnya.(cw44)

No comments: